Download Skripsi Computer Science:Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Komputer Pada Sekolah Dasar (SD) Berbasis Multimedia
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Perkembangan teknologi
yang pesat mempengaruhi
peran sebuah komputer
itu sendiri. Pada
masa sekarang ini,
hampir semua aktivitas
dapat dilakukan dengan komputer. Setiap waktu orang dapat melihat
perkembangan teknologi dari hari ke hari dan
teknologi tersebut dapat
digunakan sebagai alat
bantu manusia untuk menyelesaikan
beberapa aktifitas dengan secepat dan setepat mungkin. Hampir semua kalangan
dapat menggunakan komputer
baik dari kalangan
bawah sampai kalangan atas
terutama dalam bidang pendidikan.
Dalam hal ini
Heinich, Molenda, &
Russel (1996) mengemukakan bahwa
: …It
has ability to
control and integrate
a wide variety
of media still
pictures, graphics and moving
images, as well as printed information. The computer can also record,
analyze, and react
to student responses
that are typed
on a keyboard
or selected with a mouse.
(hal.
228) Di dalam dunia
pendidikan, komputer dapat
dimanfaatkan sebagai media untuk menyampaikan
materi pelajaran kepada
anak didik yaitu
menjadi alat peraga atau
media pembelajaran. Sebagai media
tutorial, komputer memiliki
keunggulan dalam hal
interaksi, menumbuhkan minat
belajar mandiri serta
dapat disesuaikan dengan
kebutuhan siswa. Yang
perlu dijadikan perhatian
bagi orangtua dan
guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak atau anak didiknya.Komputer
bisa menjadi media
pembelajaran yang paling
terkemuka dan paling Judul judul skripsi dipergunakan secara
luas. Khjudul judul skripsis untuk
pembelajaran pengenalan komputer
akan sangat membantu guru maupun
siswa.
Salah
satu materi pendidikan
yang diajarkan kepada
siswa SD adalah Pengenalan
Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK). Mata
pelajaran ini perlu dikenalkan,
dipraktekkan dan dikuasai oleh siswa sedini mungkin agar siswa memiliki bekal
untuk menyesuaikan penerapan
teknologi informasi dan
komunikasi. Materi yang disajikan pun bervariasi, biasanya materi
diawali dengan pengenalan komputer itu sendiri
sampai masuk dalam
perangkat komputer yang
menjadi tujuan utama pembelajaran
di SD. Salah satu yang menjadi kendala dalam pembelajaran komputer di SD adalah
istilah-istilah didalamnya yang
menggunakan Bahasa Inggris,
di butuhkan tenaga ekstra untuk
menerangkan kepada siswa sehingga siswa benar-benar paham dengan materi yang diberikan.
Pendidikan komputer bagi anak tentunya berbeda
dari orang dewasa. Mendidik anak lebih
sulit daripada orang
dewasa. Selain harus
menguasai masalah komputer, pengajar atau guru juga harus memahami
karakter kejiwaan anak. Ini perlu agar siswa tidak
cepat bosan, yang
membuat konsentrasi mereka
dalam belajar menjadi berkurang.
Untuk itu guru
harus mampu menerapkan
berbagai teknik dan
metode pembelajaran untuk
mendapatkan hasil belajar
yang optimal. Salah
satu teknik dan metode pembelajaran
yang dapat diterapkan
adalah demonstrasi yang
melibatkan partisipasi aktif
siswa.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka
penulis berinisiatif membuat Aplikasi Pembelajaran Pengenalan
Komputer pada Sekolah
Dasar (SD) berbasis
multimedia.
Judul
judul skripsi Biasanya penyajian multimedia untuk pembelajaran
lebih mudah diserap
dan dimengerti dengan
baik oleh siswa
sehingga akan sangat membantu
dalam proses penyampaian dan pemahaman terhadap materi yang
disampaikan.
Dengan
adanya aplikasi ini
diharapkan dapat memberi
manfaat dan pengetahuan bagi siswa tentang pengenalan
teknologi informasi dan komunikasi yang tidak bersifat
menoton karena terdapat
interface yang diolah semenarik
mungkin sehingga menjadikan siswa
tidak mudah jenuh dan terus semangat dalam belajar.
Pembelajaran komputer yang akan dibuat oleh
penulis difokuskan Pengenalan Dasar
Komputer dengan menggunakan animasi. Hasil dari pembelajaran tersebut akan dituangkan
dalam bentuk tugas
akhir dengan judul
Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Komputer Pada Sekolah Dasar (SD)
Berbasis Multimedia.
1.2 Identifikasi Masalah Kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi juga
terjadi di dunia
pendidikan.
Kurikulum pendidikan yang memasukkan TIK sebagai satu mata pelajaran, merupakan bukti bahwa kemajuan teknologi
mempengaruhi pendidikan di Negara Indonesia.
Materi yang diajarkan di SD hanya sebatas pengenalan dasar- dasar TIK, yang salah satunya dasar - dasar pengenalan
komputer.
Kemampuan siswa tentang komputer masih perlu
dikembangkan, terlebih selama ini metode
pembelajaran yang digunakan hanya berpatok pada buku, baik itu dilihat dari segi pemahaman materi maupun dari segi
keterampilan praktik. Sehingga dibutuhkan Judul judul skripsi satu sistem penyajian
multimedia untuk pembelajaran agar lebih mudah diserap dan dimengerti
dengan baik oleh
siswa sehingga akan sangat
membantu dalam proses penyampaian
dan pemahaman terhadap
materi yang disampaikan. Penulis mengidentifikasi permasalahan yaitu
bagaimana merancang suatu
aplikasi pembelajaran pengenalan
komputer berbasis multimedia.
Contoh Skripsi Computer Science:Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Komputer Pada Sekolah Dasar (SD) Berbasis MultimediaDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar