Download Skripsi Computer Science:Penyelesaian Permainan Checkers Pada Mobile Device Berbasis Android Menggunakan Algoritma Iterative Deepening Search
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Checkers
merupakan jenis permainan
papan (board game),
yang mengandalkan strategi sebagai elemen utamanya. Permainan
ini dimainkan oleh dua orang, dimana masing-masing pemain
bertujuan untuk mengalahkan lawan
dengan menghabiskan kepingan lawan atau membuat semua kepingan
lawan tidak dapat melakukan gerakan.
Permainan ini dimainkan di atas
papan berpetak 8 baris dan 8 kolom dimana masingmasing pemain mempunyai 12
kepingan yang dapat dimainkan.
Pencarian solusi
dalam permainan Checkers
dapat dilakukan dengan menggunakan
Kecerdasan Buatan. Kecerdasan
Buatan (Artificial Intelligence) merupakan
salah satu bidang
ilmu komputer yang
didefinisikan sebagai kecerdasan yang
dibuat untuk suatu
sistem dengan menggunakan
algoritma tertentu sehingga sistem
tersebut seolah-olah dapat
berfikir seperti manusia
(Coppin, 2004). Hal
ini menyebabkan lahirnya
berbagai penedekatan dalam
pemrograman komputer yang bersifat cerdas,
khsnya pada perkembangan
game pada dunia modern
ini. Game berbasis
Artificial Intelligence (AI)
memberikan tantangan kepada
pemain untuk menyn strategi yang tepat untuk mengalahkan
komputer.
Metode dalam Kecerdasan Buatan
sudah banyak digunakan sebagai pencarian solusi pada permainan Checkers, diantaranya
Saputra (2009) menggunakan algoritma Minimax dengan
alpha-beta pruning. Algoritma
ini akan berhenti
mengevaluasi langkah ketika
terdapat paling tidak
satu kemungkinan yang
ditemukan dan membuktikan bahwa langkah tersebut lebih buruk
jika dibandingkan dengan langkah yang
diperiksa sebelumnya, sehingga langkah berikutnya tidak perlu dievaluasi lebih jauh.
Akbar (2010) menggunakan
konsep algoritma Minimax
dengan Negascout.
Negascout adalah
salah satu metode
pencarian minimax dengan
berasumsi bahwa langkah
pertama yang diambil
merupakan langkah terbaik,
sedangkan sisanya merupakan langkah terburuk. Namun, jika
ternyata ada langkah yang lebih baik dari langkah pertama, maka akan terjadi proses
pencarian ulang.
Dalam tugas
akhir ini penulis
menggunakan algoritma Iterative
Deepening Search(IDS) yang merupakan modifikasi dari algoritma
Depth-First Search(DFS), yaitu
sebuah teknik pencarian yang menggabungkan kelebihan Breadth-First Search (complete danoptimal) dengan kelebihan Depth-First Search (space complexity yang rendah) (Coppin,
2004). Metode pencarian
pada IDS menggunakan
metode dasar pencarian pada DFS. Akan tetapi, dalam metode
pencarian IDS, pencarian dilakukan secara iteratif
dimulai dari batasan
level 0. Jika
belum ditemukan solusi,
maka dilakukan iterasi
ke-2 dengan batasan
level 1. Demikian
seterusnya sampai solusi ditemukan (Russel & Norvig, 2010).
Pada perancangan
aplikasinya, penulis merancang
aplikasi permainan Checkers pada perangkat mobile agar aplikasi
yang dibangun dapat digunakan dengan praktis. Android
adalah sebuah platform
open source komprehensif yang
dirancang untuk perangkat
mobile. Android merupakan
suatu alat pengembangan teknologi perangkat
mobile, yang bertujuan
memberikan fasilitas terlengkap,
terbaik, dan termurah
yang bisa didapatkan
pengguna dalam menggunakan
perangkat mobile (Gargenta, 2011).
Android menyediakan platform terbuka bagi
para pengembang untuk menciptakan aplikasi buatan sendiri.
Aplikasi yang beredar pada pasar Android (AndroidMarket) dapat secara terbuka
memberikan kebebasan pada para perancang software untuk
memberikan kontribusinya dalam
berkarya. Hal ini
menjadi faktor perancangan aplikasi Checkers agar dapat
diterapkan pada sistem operasi Android.
Berdasarkan uraian
diatas, penulis akan
menerapkan algoritma Iterative Deepening
Search untuk merancang
aplikasi permainan Checkers
yang berbasis kecerdasan
buatan yang tidak
memerlukan memori yang
banyak dalam pengeksekusiannya agar dapat diterapkan
sebagai aplikasi pada
perangkat mobile berbasis Android.
1.2 Rumusan Masalah Permainan papan (board game) pada era gamemodern tidak lepas kaitannya dengan kecerdasan
buatan. Kecerdasan buatan
berperan penting pada
game modern (Millington, 2009),
dimana pemain dapat
berperan dalam penynan
strategi agar dapat mengungguli kecerdasan buatan tersebut.
Oleh karena pesatnya perkembangan teknologi komputer
dan kecerdasan buatan,
maka game saat ini
diharapkan dapat dimainkan
dengan praktis oleh
para pengguna. Dengan
adanya perangkat mobile berbasis Android, maka akan memberikan
fasilitas mobile bagi para pengguna.
Permasalahan yang
akan dibahas dalam
tugas akhir ini
adalah bagaimana menciptakan
kecerdasan buatan pada
permainan Checkers agar
secara cerdas dapat menentukan langkah
terbaik tanpa memerlukan
memori yang banyak
dan dapat digunakan secara praktis.
1.3 Batasan Masalah Agar pembahasan dalam skripsi ini tidak
menyimpang dari topik permasalahan, maka perlu dibuat suatu batasan masalah sebagai
berikut: 1. Aplikasi permainan Checkers yang akan
dibangun hanya dimainkan oleh dua pemain,
(pengguna dan kecerdasan buatan).
2. Permainan
Checkers yang dirancang,
menggunakan versi English
draughts / American checkers.
3. Pencarian langkah menggunakan algoritma
Iterative Deepening Search.
4. Penulis tidak membandingkan algoritma ini
dengan yang lain.
5. Bahasa
pemrograman yang digunakan
adalah JavaScript, menggunakan
IDE Java Eclipse.
6. Perancangan
layout User Interface pada aplikasi
Android yang dibangun, menggunakan bahasa XML.
7. Platform Android yang digunakan adalah
Android versi 2.3 (Gingerbread).
Contoh Skripsi Computer Science:Penyelesaian Permainan Checkers Pada Mobile Device Berbasis Android Menggunakan Algoritma Iterative Deepening SearchDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar