Minggu, 15 Februari 2015

Download Skripsi Computer Science:Penyelesaian Permainan Checkers Pada Mobile Device Berbasis Android Menggunakan Algoritma Iterative Deepening Search

Download Skripsi Computer Science:Penyelesaian Permainan Checkers Pada Mobile Device Berbasis Android Menggunakan Algoritma Iterative Deepening Search

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Checkers merupakan jenis permainan papan (board game), yang mengandalkan strategi sebagai elemen utamanya. Permainan ini dimainkan oleh dua orang, dimana masing-masing pemain bertujuan untuk mengalahkan lawan dengan menghabiskan kepingan lawan atau membuat semua kepingan lawan tidak dapat melakukan gerakan. Permainan ini dimainkan di atas papan berpetak 8 baris dan 8 kolom dimana masingmasing pemain mempunyai 12 kepingan yang dapat dimainkan. Pencarian solusi dalam permainan Checkers dapat dilakukan dengan menggunakan Kecerdasan Buatan. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan salah satu bidang ilmu komputer yang didefinisikan sebagai kecerdasan yang dibuat untuk suatu sistem dengan menggunakan algoritma tertentu sehingga sistem tersebut seolah-olah dapat berfikir seperti manusia (Coppin, 2004). Hal ini menyebabkan lahirnya berbagai penedekatan dalam pemrograman komputer yang bersifat cerdas, khsnya pada perkembangan game pada dunia modern ini. Game berbasis Artificial Intelligence (AI) memberikan tantangan kepada pemain untuk menyn strategi yang tepat untuk mengalahkan komputer. Metode dalam Kecerdasan Buatan sudah banyak digunakan sebagai pencarian solusi pada permainan Checkers, diantaranya Saputra (2009) menggunakan algoritma Minimax dengan alpha-beta pruning. Algoritma ini akan berhenti mengevaluasi langkah ketika terdapat paling tidak satu kemungkinan yang ditemukan dan membuktikan bahwa langkah tersebut lebih buruk jika dibandingkan dengan langkah yang diperiksa sebelumnya, sehingga langkah berikutnya tidak perlu dievaluasi lebih jauh. Akbar (2010) menggunakan konsep algoritma Minimax dengan Negascout. Negascout adalah salah satu metode pencarian minimax dengan berasumsi bahwa langkah pertama yang diambil merupakan langkah terbaik, sedangkan sisanya merupakan langkah terburuk. Namun, jika ternyata ada langkah yang lebih baik dari langkah pertama, maka akan terjadi proses pencarian ulang. Dalam tugas akhir ini penulis menggunakan algoritma Iterative Deepening Search(IDS) yang merupakan modifikasi dari algoritma Depth-First Search(DFS), yaitu sebuah teknik pencarian yang menggabungkan kelebihan Breadth-First Search (complete danoptimal) dengan kelebihan Depth-First Search (space complexity yang rendah) (Coppin, 2004). Metode pencarian pada IDS menggunakan metode dasar pencarian pada DFS. Akan tetapi, dalam metode pencarian IDS, pencarian dilakukan secara iteratif dimulai dari batasan level 0. Jika belum ditemukan solusi, maka dilakukan iterasi ke-2 dengan batasan level 1. Demikian seterusnya sampai solusi ditemukan (Russel & Norvig, 2010). Pada perancangan aplikasinya, penulis merancang aplikasi permainan Checkers pada perangkat mobile agar aplikasi yang dibangun dapat digunakan dengan praktis. Android adalah sebuah platform open source komprehensif yang dirancang untuk perangkat mobile. Android merupakan suatu alat pengembangan teknologi perangkat mobile, yang bertujuan memberikan fasilitas terlengkap, terbaik, dan termurah yang bisa didapatkan pengguna dalam menggunakan perangkat mobile (Gargenta, 2011). Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi buatan sendiri. Aplikasi yang beredar pada pasar Android (AndroidMarket) dapat secara terbuka memberikan kebebasan pada para perancang software untuk memberikan kontribusinya dalam berkarya. Hal ini menjadi faktor perancangan aplikasi Checkers agar dapat diterapkan pada sistem operasi Android. Berdasarkan uraian diatas, penulis akan menerapkan algoritma Iterative Deepening Search untuk merancang aplikasi permainan Checkers yang berbasis kecerdasan buatan yang tidak memerlukan memori yang banyak dalam pengeksekusiannya agar dapat diterapkan sebagai aplikasi pada perangkat mobile berbasis Android. 1.2 Rumusan Masalah Permainan papan (board game) pada era gamemodern tidak lepas kaitannya dengan kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan berperan penting pada game modern (Millington, 2009), dimana pemain dapat berperan dalam penynan strategi agar dapat mengungguli kecerdasan buatan tersebut. Oleh karena pesatnya perkembangan teknologi komputer dan kecerdasan buatan, maka game saat ini diharapkan dapat dimainkan dengan praktis oleh para pengguna. Dengan adanya perangkat mobile berbasis Android, maka akan memberikan fasilitas mobile bagi para pengguna. Permasalahan yang akan dibahas dalam tugas akhir ini adalah bagaimana menciptakan kecerdasan buatan pada permainan Checkers agar secara cerdas dapat menentukan langkah terbaik tanpa memerlukan memori yang banyak dan dapat digunakan secara praktis. 1.3 Batasan Masalah Agar pembahasan dalam skripsi ini tidak menyimpang dari topik permasalahan, maka perlu dibuat suatu batasan masalah sebagai berikut: 1. Aplikasi permainan Checkers yang akan dibangun hanya dimainkan oleh dua pemain, (pengguna dan kecerdasan buatan). 2. Permainan Checkers yang dirancang, menggunakan versi English draughts / American checkers. 3. Pencarian langkah menggunakan algoritma Iterative Deepening Search. 4. Penulis tidak membandingkan algoritma ini dengan yang lain. 5. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah JavaScript, menggunakan IDE Java Eclipse. 6. Perancangan layout User Interface pada aplikasi Android yang dibangun, menggunakan bahasa XML. 7. Platform Android yang digunakan adalah Android versi 2.3 (Gingerbread).Contoh Skripsi Computer Science:Penyelesaian Permainan Checkers Pada Mobile Device Berbasis Android Menggunakan Algoritma Iterative Deepening SearchDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.

Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.