Download Skripsi Computer Science:Animasi Pembelajaran Metamorfosis Hewan
BAB PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Peningkatan
mutu pendidikan dirasakan sebagai
kebutuhan bangsa yang ingin maju.
Dengan keyakinan bahwa pendidikan yang bermutu dapat menunjang pembangunan disegala
bidang. Oleh karena
itu pendidikan perlu
mendapat perhatian yang
lebih besar agar kita dapat
mengejar ketinggalan dibidang ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang mutlak kita perlukan untuk memepererat
pembangunan dewasa ini.
Salah
satu tujuan bangsa
Indonesia yang tertuang
dalam pembukaan UUD
1945 adalah mencerdaskan
kehidupan bangsa. Karena
pada dasarnya, pendidikan merupakan
kunci kebangkitan. Seperti
pada peristiwa dibomnya
Hiroshima dan Nagasaki
pada tahun 1945.
ketika negara sudah
tidak memiliki apa-apa
lagi, bahan pangan
habis,
bangunan hancur
luluh lantak, segala
insfrastuktur kehidupan porak poranda, kaisar
Jepang ketika itu
bertanya kepada pemegang
pemerintahan, sensei wa nannin irun deshou ka?, yang berarti
berapa banyak guru yang tersisa? Yang
ditanyakan kaisar bukanlah
masalah pangan ataupun
uang. Tetapi guru untuk pendidikan.
Pendidikan merupakan prioritas
utama. Sarana dan
prasarana dilengkapi, lembaga
pendidikan bukan hanya
mengajarkan ilmu pengetahuan
saja, tetapi juga
mengajarkan nilai-nilai tentang
kedisplinan, kerja keras,
kejujuran, dan kerja sama yang erat, akhirnya Jepang dapat
bangkit dan menjadi negara maju bahkan disegani oleh Amerika.Guru
memegang peranan yang
sentral dalam proses
belajar mengajar, untuk
itu mutu pendidikan
disuatu sekolah sangat
ditentukan oleh kemampuan
seorang guru dalam
menjalan kan tugasnya.
Mereka harus bisa
melakukan sesuatu yang
dapat meningkatkan kapasitas
pendidikan dan pengajaran
sehingga murid-murid dapat belajar
dengan optimal. Untuk itu kita harus dapat menemukan metode-metode yang dapat
membuat pembelajaran lebih
menarik dan mudah
dimengerti oleh anak-anak didik.
Salah satu metode yang perlu dikembangkan
ialah dalam komunikasi. Komunikasi menjadi
salah satu hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Seorang pendidik haruslah memiliki komunikasi yang baik dan
efektif agar transfer ilmu dan nilai bisa berjalan dengan efektif pula.
Berdasarkan penelitian De Porter, manusia
dapat menyerap suatu materi sebanyak 70%
dari apa yang dikerjakan, 50% dari apa yang didengar dan dilihat (audio
visual), sedangkan yang
dilihat hanya 30%,
dari yang didengar
hanya 20 %,
dan dari yang dibaca
hanya 10%.
Berdasarkan
penelitian tersebut tentu
praktik dan eksperimen
harus diutamakan.
Namun,
adakalanya percobaan dari
suatu materi maupun
teori membutuhkan waktu yang
lama dan biaya yang mahal. Untuk itu
diperlukan alat bantu pengajaran, salah satunya adalah pembelajaran menggunakan
animasi interaktif.
Hal
ini membuka peluang
bagi sofware-sofware animasi
semacam macromedia flash utnuk membantu dalam memvisualisasikan
materi pembelajaran tersebut dalam bentuk
animasi materi pembelajaran
secara interaktif. Dengan
menggunakan flash materi
pembelajaran menjadi menarik
dan tidak statis,
sehingga murid akan
lebih mudah menerima
materi yang disampaikan
melalui gambar-gambar bergerak
dan suara yang dapat mereka
praktikkan secara langsung.
1.2. Rumusan Masalah Kemudahan dalam
metode pembelajaran dengan
menggunakan animasi flash
harus dibuat sedemikian rupa agar
teori yang disampaikan dapat benar-benar mendidik dan memudahkan anak untuk menyerapnya.
Sulitnya pembelajaran metamorfosis hewan membuat sebagian anak didik malas dan
tidak suka untuk
mempelajarinya. Maka saya
akan mencoba untuk
membuat sebuah animasi edukasi
metamorfosis hewan yang sederhana untuk siswa/siswi yang dapat menjadi suatu cara bagi mereka untuk
lebih tertarik dengan materi ini.
1.3. Batasan Masalah Lingkup permasalahan
mencakup : 1. Pembuatan animasi ini
menggunakan macromedia Flash 8 yang dianimasikan dengan perhitungan waktu dan program.
2.
script yang digunakan untuk
program animasi ini adalah actiom script 1.0 dan 2.0 yang sudah tersedia dalam flash 8.
3.
Materi yang disampaikan
pada animasi ini seputar keterangan
mengenai metamorfosis, jenis
hewan-hewan yang bermetamorfosis dan tahapan beberapa hewan yang bermetamorfosis.
1.4. Tujuan Penulisan Penelitian ini
bertujuan untuk merancang
dan membuat suatu
aplikasi pembelajaran komputer untuk
mata pelajaran Metamorfosis
Hewan sebagai alat
bantu ajar pada bidang
studi Biologi.
Contoh Skripsi Computer Science:Animasi Pembelajaran Metamorfosis HewanDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik DisiniArtikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar