Download Skripsi Computer Science:Animasi Sistem Pembelejaran Bahasa Korea Dengan Adobe Flash CS3 Professional
BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Animasi berasal dari kata
Animation yang dalam bahasa Inggris to animate yang berarti menggerakan. Animasi dimulai dari
zaman purba, dengan ditemukannya lukisan
- lukisan pada dinding gua di Spanyol
yang menggambarkan gerak dari binatang-binatang.
Animasi pada zaman purba berusaha menceritakan
urutan kejadian suatu peristiwa. Sejak menyadari bahwa gambar bisa
dipakai sebagai alternatif media komunikasi,
timbul keinginan manusia untuk menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan.
Maka, manusia terus berusaha untuk mengembangkan
animasi.
Perkembangan animasi pada saat ini berjalan
cepat dalam berbagai bidang.
Animasi begitu dikenal dalam bidang perfilman,
terutama dunia anak-anak. Akan tetapi, sekarang animasi tidak hanya digunakan dalam
dunia hiburan seperti pembuatan film dan
permainan, tetapi juga dalam pembuatan desain web dan dunia pendidikan.
Animasi dalam dunia pendidikan berperan dalam
sebagai media pembelajaran yang menarik.
Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi
pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional.
Animasi dapat diintergrasikan ke media lain seperti video atau presentasi
sehingga cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang sulit disampaikan secara langsung melalui buku.
Animasi dalam dunia pendidikan memberikan
berbagai keuntungan bagi siswa dan
pengajar. Bagi siswa, animasi dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman terhadap suatu bidang ilmu tertentu. Bagi pihak pengajar, animasi dapat mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran
dalam penyampaian materi kepada siswa.
Sehingga siswa lebih tertarik untuk mempelajari
materi yang di sampaikan.
Salah satu perangkat lunak pembuat animasi
yang cukup populer pada saat ini adalah
Adobe Flash CS3 Professional. Adobe Flash CS3 Professional menawarkan berbagai fitur dan kemudahan dalam penggunaannya.
Tampilan interface, fungsi, dan pilihan
palet yang beragam, serta kumpulan tool
yang lengkap sangat membantu dalam
pembuatan karya animasi yang menarik.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis
sangat tertarik untuk membuat animasi di
bidang pendidikan. Animasi yang akan dibuat oleh penulis adalah animasi pembelajaran Bahasa Korea. Mengingat
Bahasa Koraea adalah bahasa yang jarang
ditemui di kehidupan sehari - hari di
Indonesia, masyarakat yang tertarik untuk
mempelajari bahasa tersebut mengalami kendala untuk mempelajarinya dikarenakan bahasa korea memiliki tulisan dan
pengucapan yang tidak sama dengan bahasa
indonesia Oleh sebab itu, penulis berusaha meningkatkan ketertarikan user untuk belajar bahasa korea dengan menawarkan
interface yang menarik sehingga user tidak
merasa jenuh belajar bahasa tersebut.
Pelajaran Bahasa Korea yang akan dibuat
animasinya oleh penulis difokuskan pada
Bahasa yang digunakan sehari - hari. Hasil dari animasi tersebut akan
dituangkan dalam bentuk tugas akhir
dengan judul ”Animasi Pembelajaran Bahasa Korea dengan Adobe Flash CS3
Professional”.
1.2 Identifikasi Masalah Masalah yang diangkat
disini adalah bagaimana membuat animasi dari pelajaran Bahasa Korea
khsnya tentang pemakaian kata yang untuk sehari - hari dan penulisan hangul yang dapat memudahkan siswa memahami
pelajaran tersebut serta menjadikan
Bahasa Korea menjadi pelajaran yang benar - benar menarik minat siswa.
Animasi yang tepat dan menarik juga akan
membuat pelajaran Bahasa Korea tidak hanya
sekedar dimengerti tetapi juga dapat dipahami sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari - hari.
1.3 Tujuan dan Manfaat Berdasarkan
permasalahan - permasalahan yang penulis temukan, pembuatan animasi ini bertujuan untuk: 1. Memudahkan siswa dalam mempelajari Bahasa
Korea dan membantu pihak pengajar dalam
menyampaikan materi pelajaran Bahasa Korea
khsnya tentang pemakaian kosa kata dengan interface yang lebih menarik dari sekedar membaca buku.
2.
Menambah wawasan penulis dalam dunia animasi serta mengembangkan kreativitas penulis.
3.
Membuat suatu animasi yang juga dapat digunakan sebagai permainan yang mengandung pengetahuan.
Manfaat yang diperoleh dalam pembuatan animasi
Bahasa Korea ini adalah : 1. Bagi
penulis, menambah wawasan dan pengetahuan tentang animasi.
2. Bagi
dunia pendidikan, memperoleh sarana yang menarik untuk meningkatkan proses belajar dan mengajar.
.
1.4 Metode Penelitian Untuk memperoleh data
dan informasi yang diperlukan dalam pembuatan animasi ini, penulis menggunakan metode penelitian sebagai
berikut : 1. Studi Pustaka Penulis melakukan penelitian kepustakaan dengan
membaca buku tentang teoriteori yang berkaitan dengan pelajaran Bahasa Korea
serta cara pembuatan animasi dengan
menggunakan Adobe Flash CS3
Professional. Selain itu, penulis juga membaca tugas akhir tahun sebelumnya yang
berkaitan dengan pembuatan animasi.
2. Studi Literatur Penulis melengkapi
informasi yang dibutuhkan dalam pembutan tugas akhir ini dengan browsing di internet.
1.5 Sistematika Penulisan Sistematika
penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut: BAB 1 : PENDAHULUAN Bab ini menguraikan latar
belakang, identifikasi masalah, tujuan dan manfaat pembuatan animasi, metode penelitian,
serta sistematika penulisan laporan.
BAB 2
: TINJAUAN PUSTAKA Bab ini menguraikan landasan teori yang membahas
masalah secara teoretis yaitu
teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan pelajaran Bahasa Korea tentang Penulisan dan kata - kata (Bahasa Korea) serta penjelasan mengenai perangkat
lunak yang digunakan dalam pembuatan
animasi ini yaitu Adobe Flash CS3 Professional.
Contoh Skripsi Computer Science:Animasi Sistem Pembelejaran Bahasa Korea Dengan Adobe Flash CS3 ProfessionalDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi diantaranya : Judul judul skripsi,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.
0 komentar:
Posting Komentar