Abstrak
PAI
Masalah kesulitan belajar yang sering dialami oleh para peserta didik
disekolah, merupakan masalah penting yang perlu mendapat perhatian yang serius
dikalangan para pendidik. Dikatakan demikian, karena kesulitan belajar yang
dialami para peserta didik di sekolah akan membawa dampak negatif baik
terhadap diri anak itu sendiri maupun terhadap lingkungannya. Pada umumnya
anak yang cepat dalam belajar mempunyai IQ (tingkat kecerdasan) diatas 130,
yakni tergolong genius atau gifred. Kedudukannya dalam kelompoknya selalu
berada pada posisi atas. Akan tetapi permasalahan pendidikan ini masih sering
muncul, karena potensi-potensi yang ada pada seorang peserta didik tidak dapat
berkembang secara optimal, mereka yang berkecerdasan tinggi kurang mendapat
ransangan dan fasilitas dalam memenuhi kebutuhannya. Peserta didik ini
dikatakan Underachiever yakni siswa yang memiliki taraf intelegensi tergolong
tinggi, tetapi prestasi belajar tergolong rendah (di bawah rata-rata) karena secara
potensial, peserta didik yang memiliki taraf intelegensi yang tinggi mempunyai
kemungkinan yang cukup besar untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi,
akan tetapi dalam hal ini siswa tersebut mempunyai prestasi belajar di bawah
kemampuan potensial mereka.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan yang diambil oleh
peneliti yaitu Mengapa siswa SMA Islam Al-ma’arif Singosari-Malang menjadi
underachiever. Bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi
siswa underachiever di SMA Islam Al-ma’arif Singosari-Malang. Apa faktor
pendukung dan penghambat Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi siswa
Underachiever di SMA Islam Al-ma’arif Singosari-Malang. Adapun tujuan yang
ingin dicapai peneliti adalah, untuk mengetahui penyebab siswa menjadi
underachiever di SMA Islam Al-ma’arif Singosari-Malang. untuk mengetahui
upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa underachiever di
SMA Islam Al-ma’arif Singosari-Malang, untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambat Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi siswa Underachiever
di SMA Islam Al-ma’arif Singosari-Malang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang
bersifat deskriptif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil kata-kata, gambaran
dan bukan berupa angka-angka. Laporan penelitian tersebut berupa kutipankutipan
data yang memberi gambaran penyajian. Terkait dengan penelitian ini
yang dijadikan sumber data sekaligus informasi adalah kepala sekolah, waka
kesiswaan, tatib, dan guru bimbingan dan konseling. Dengan pengumpulan data
peneliti menggunakan beberapa teknik yakni menggunakan metode interview atau
wawancara mendalam, observasi, pengamatan peran serta, dokumentasi.
Dengan rancangan penelitian seperti yang dijelaskan di atas, peneliti
memperoleh hasil bahwa pertama, penyebab siswa SMA Islam Al-ma’arif
Singosari-Malang adalah karena dua faktor yaitu (1) faktor lingkungan (2) faktor
diri sendiri, kedua, upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa underachiever yaitu: (1) Mengenali siswa yang mengalami kesulitan belajar:
mencari data-data siswa dari absensi, prestasi belajar, catatan dari wali kelas, (2)
Memahami sifat dan jenis kesulitan belajarnya, guru bimbingan dan konseling
memanggil siswa tersebut secara pribadi ke ruang BK, (3) Menetapkan Latar
Belakang Kesulitan Belaja, hasil pembicaraan dengan siswa, guru bimbingan dan
konseling dapat mengetahui apa penyebab siswa tersebut menjadi underachiever,
(4) Menetapkan Usaha-usaha Bantuan, menganalisis hasil diagnosis,
mengidentifikasi dan menentukan bidang kecakapan tertentu yang memerlukan
perbaikan, menyunsun program perbaikan, (5) Pelaksanaan Bantuan: Dalam
pendekatan ini, guru bimbingan dan konseling menyesuaikan dengan faktor
penyebabnya, baik itu dari faktor lingkungan ataupun faktor diri sendiri, (6)
Tindak Lanjut, menindak lanjuti siswa yang masih berprestasi rendah guru
bimbingan dan konseling meyerahkan kepada tatib, akan tetapi guru bimbingan
dan konseling terus melakukan koordinasi dengan tatib untuk mengetahui
perkembangan siswa tersebut. Ketiga, Faktor pendukung pelaksanaan bimbingan
dan konseling dalam mengatasi siswa underachiever di SMA Islam Al-ma’arif
Singosari adalah guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan bimbingan
tersebut, memerlukan pemahaman terhadap karakteristik siswa secara mendalam,
disamping itu juga diperlukan dukungan dalam pelaksanaannya dari semua
komponen yang ada di sekolah seperti, wali kelas, guru, tatib, orang tua atau wali
murid dan juga fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah kurang terbukanya siswa untuk menceritakan
permasalahannya kepada guru bimbingan dan konseling dan kurangnya
komunikasi antara orang tua dan guru.
Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva
TetapDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar