Abstrak
PAI
berlangsung di sekolah, bahwa PAI di sekolah lebih bersifat verbalistik dan
formalis atau merupakan tempelan saja. Metodologi pendidikan agama tidak
kunjung berubah sejak dulu hingga sekarang, padahal masyarakat yang dihadapi
sudah banyak mengalami perubahan, sehimgga menyebabkan tidak adanya
motivasi siswa untuk belajar materi PAI dan prestasi belajar PAI siswa menjadi
rendah. Berawal dari latar belakang tersebut penulis tertarik untuk membahasnya
dalam skripsi , dengan mengambil judul ”Penerapan Cooperative Learning
Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VII A
SMPN 2 Kepanjen.
Adapun pokok permasalahan yang diteliti yaitu, bagaimana penerapan
cooperative lerning metode jigsaw dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) Siswa Kelas VII A SMPN 2 Kepanjen?. Bagaimanakah peran cooperative
lerning metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama
Islam (PAI) siswa kelas VII A SMPN 2 Kepanjen?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan
cooperative learning metode jigsaw dalam mata pelajaran PAI siswa kelas VII A
SMP Negeri 2 Kepanjen dan juga untuk mendeskripsikan bagaimanakah peran
cooperative lerning metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar
Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VII A SMPN 2 Kepanjen.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kepanjen. Dengan desain
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bentuk siklus berulang yang
didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan tindakan
(planing), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi
(reflecting) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan
tercapai (kriteria keberhasilan). Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu: (1) observasi; (2) Interview (3) dokumentasi; dan (4) pengukuran tes hasil
belajar. Tehnik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil
observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data
yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif
dengan cara menghitung nilai rata-rata dan prosentase dan kemudian
dideskripsikan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa pelaksanaan cooperative learning metode jigsaw dalam mata pelajaran PAI
siswa kelas VII A SMPN 2 Kepanjen adalah membiasakan dengan pendekatan ini
sesuai dengan prosedur cooperative learning metode jigsaw dan dilaksanakan
dengan dua siklus, meningkatkan semangat belajarnya dan pemahamnya terhadap materi pelajaran memberikan arahan kepada siswa baik secara individu maupun
kelompok dan mengelola secara efisien. Peran cooperative learning metode
jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas VII A SMP Negeri 2
Kepanjen sebagaimana yang telah peneliti lakukan, terbukti dengan penerapan
cooperative learning metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PAI
siswa memuaskan dari kegiatan belajar mengajar pada observasi awal, siklus I dan
siklus II. Indikator peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil
belajar siswa sebelum tindakan , siklus I sampai siklus II terus meningkat.
Terdapat peningkatan pada prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata pada
pre tes sebesar 67,63 pada siklus I sebesar 75,26 meningkat 11 %, siklus II
sebesar 80,13 meningkat 18 %.
Saran yang diberikan adalah bagi sekolah diharapkan agar cooperative
learning metode jigsaw ini diterapkan di dalam kegiatan belajar mengajar pada
bidang studi PAI, karena berdasarkan hasil penelitian terbukti dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa. Bagi guru PAI diharapkan agar dalam penerapan
cooperative learning metode jigsaw benar-benar efektif, guru harus mengikuti
prosedur atau cara-cara penerapan metode jigsaw, berusaha untuk mengubah
kebiasaan belajar siswa dengan memberi pengertian tentang cooperative learning
metode jigsaw . Bagi siswa, agar siswa selalu antusias dalam kegiatan belajar
mengajar, lebih jujur dan percaya diri dengan kemampuannya, menghargai
pendapat orang lain, berani bertanya, menjawab dan berargumen, membiasakan
aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Bagi penulis, mempunyai wawasan dan
pengalaman praktis di bidang penelitian sebagai bekal untuk menjadi tenaga
pendidik yang profesional.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar