Abstrak
PAI
Card Sort Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an
Hadits.” Penggeseran paradigma pendidikan sekarang ini, berpengaruh pada
metode dan strategi yang digunakan dalam proses belajar mengajar, sebab metode
merupakan salah satu faktor atau komponen pendidikan yang sangat menentukan
berhasil tidaknya suatu pembelajaran. Pergeseran paradikma tersebut juga akan
berpengaruh pada fungsi pendidik itu sendiri, yaitu sebagai fasilitator. Tugas
pendidik sebagai fasilitator dalam rangka optimalisasi proses belajar mengajar
harus mampu mengembangkan kemauan dan motivasi belajar siswa,
mengembangkan kondisi belajar yang relevan agar tercipta suasana belajar dengan
penuh kegembiraan.
Untuk mendapatkan kepastian maka diambil rumusan masalah
bagaimanakah aplikasi metode card sort pada siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E
bidang studi Al-qur’an hadits, dan bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas
VII-C, VII-D dan VII-E setelah diterapkannya metode card sort bidang studi Alqur’an
Hadits di MTs An-Nur Bululawang. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menjelaskan
aplikasi metode card sort pada siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E
bidang studi al-Qur’an Hadits, dan untuk menjelaskankan motivasi belajar siswa
kelas VII-C, VII-D dan VII-E setelah diterapkannya metode card sort bidang studi
Al-Qur’an Hadits di MTs An-Nur Bululawang.
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru bidang studi,
kepala Madrasah, dan siswa/siswi, waka kurikulum serta pihak-pihak yang
berkompeten di Madrasah tersebut serta data-data yang didokumentasikan. Teknis
Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif melalui proses editing.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi metode card sort
dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E bidang
studi Al-Qur’an Hadits di MTs An-Nur Bululawang Dalam aplikasi metode card
sort bidang studi Al-Qur’an Hadits ini setiap siswa diberi kertas yang berisi
informasi tentang materi yang akan dibahas secara acak, kemudian siswa diminta
mencari temannya dan mengelompok sesuai dengan topik bahasannya. Setelah itu
siswa/siswi mendiskusikan dan mempresentasikan hasil diskusi tentang materi
dari kategori kelompoknya dengan dinilai dan dikomentari oleh teman-temannya
yang lain. Di sini pendidik lebih banyak bertindak sebagai fasilitator dan
menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum dimengerti siswa setelah presentasi selesai. Motivasi belajar siswa kelas VII-C, VII-D dan VII-E
meningkat setelah diterapkannya metode card sort bidang studi Al-Qur’an Hadits
di MTs An-Nur Bululawang, karena dalam proses belajar mengajar dengan
menggunakan metode card sort terdapat beberapa unsur, diantaranya: Pertama
pengalaman; dengan metode ini peserta didik mendapatkan pengalaman langsung
dengan mengaktifkan lebih banyak indra daripada hanya mendengarkan. Kedua,
Interaksi dan diskusi dapat melatih siswa dalam berinteraksi dengan orang lain
serta berani mengemukakan argumen-argumennya. Ketiga, komunikasi; siswa
dapat mengungkapkan pikirannya baik secara lisan ataupun tulisan akan
memantapkan pemahaman siswa tentang apa yang dipelajari. Keempat, refleksi;
dengan adanya interaksi dan komunikasi siswa dapat melakukan refleksi. Kelima,
Daya ingat; dengan lebih banyak melibatkan siswa dalam kegiatan belajar dan
lebih banyak menggunakan indera yang dimiliki akan menambah daya ingat siswa
terhadap materi yang telah dipelajari.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar