Minggu, 22 Februari 2015

Contoh Skripsi Pendidikan Agama Islam: PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DI SMP ISLAM NGORO JOMBANG

Abstrak PAI
  Pendidikan Agama Isalam yang berjalan di sekolah selama ini masih
dianggap kurang berhasil. Pendidikan Agama yang diberikan lebih banyak
menyentuh pada aspek kognitif, belum sampai pada aspek afektif dan
psikomotorik, akibatnya peserta didik hanya dapat mengerti agama, tetapi belum
sampai pada tingkat aksi. Pendekatan yang digunakan masih bersifat tradisional      yang lebih sering berpusat pada guru (Teacher center) bukan berpusat pada siswa
sehingga pembelajaran terasa membosankan kurang menarik bagi siswa.  
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah pendekatan
dan metode dalam proses pembelajaran selama ini yaitu berpusat pada siswa dan
peran guru sebagai fasilitator, dan pendekatan Contextual Teaching and Learning
merupakan salah satu alternative untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan
penggunaan metode ini diharapkan pembelajaran PAI  lebih mudah
diimplementasikan  
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1)
Bagaimana Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and learning(CTL) dalam
Pembelajaran PAI di SMP Islam Ngoro Jombang, (2) Usaha apa saja yang
dilakukan Guru PAI dalam meningkatkan kwalitas proses pembelajaran PAI di
SMP Islam Ngoro Jombang, (3) Apa saja kendala yang dihadapi dan bagaimana
upaya-upaya mengatasi kendala penerapan pendekatan Contextual Teaching And
Learning di SMP Islam Ngoro Jombang. Adapun tujuan penelitian ini (1) Untuk
mengetahui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and learning(CTL) dalam
Pembelajaran PAI di SMP Islam Ngoro Jombang, (2) Untuk mengetahui Usahausaha
yang
dilakukan
Guru PAI
dalam
neningkatkan
kwalitas
Proses
pembelajaran

PAI
di SMP Islam
Ngoro
Jombang,
(3)
Untuk
mengetahui
kendala
yang
dihadapi

dan
upaya-upaya
mengatasi
kendala-kendala
penerapan
pendekatan
Contextual

Teaching
And
Learning di
SMP Islam
Ngoro
Jombang.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskiptif kualitatif. Pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. 
Untuk menganalisis dilakukan dengan analisis selama pengumpulan data yakni
secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika 
sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul
dengan menggunakan tehnik triangulasi (membandingkan/memeriksa, mengecek
keabsahan data) dengan hasil wawancara dan hasil isi dokumen.  
 Berdasarkan hasil penelitian dilapangan (1) Penerapan pendekatan CTL
dalam pembelajaran PAI di SMP Islam  sudah berjalan baik, hal tersebut dapat 
dilihat dari penerapan masing-masing komponen atau aspek pembelajaran
kontekstual yang ada, yaitu; konstruktifisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, 
pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. (2) Usaha-usaha Guru PAI dalam
meningkatkan kwalitas Proses pembelajaran PAI yaitu; Penerapan variasi
metode,memperhatikan tingkat kemampuan siswa dan memanfaatkan sumber belajar. Disisi lain secara umum dalam meningkatkan kwalitas pendidikan tidak
terlepas dari input, proses dan output yang ada. (3) Kendala-kendala yang ada
dalam penerapan CTL dalam meningkatkan pembelajaran PAI di SMP Islam
Ngoro Jombang adalah pertama, dari segi sarana prasarana kurang memadai,
kedua, dari segi siswa, kemamapuan siswa yang beragam ketiga, kurangnya jam
pelajaran dan keempat, ada sebagian guru yang belum mengetahui penerapan
pendekatan CTL dengan baik adapun upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi
kendala dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam
Pembelajaran PAI adalah pertama melengkapi sarana dan prasarana seperti
perpustakaan yang memadai, adanya TV, VCD sebagai penunjang pembelajaran,
kedua, mengelompokkan siswa yaitu siswa yang berasal dari SD di pisah dengan
siswa yang berasal dari MI guna memudahkan dalam proses pembelajaran dan
ketiga, menambah jam pelajaran khususnya dalam pembelajaran Al Qur’an yang
termasuk dalam PAI, keempat yaitu mengikut sertakan guru-guru dalam
MGMP,work shop (pelatihan-pelatihan) khususnya tentang CTL. 


Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini  Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas pendidikan.


Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.