Abstrak
PAI
Kurikulum menurut adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu.
Masalah yang dihadapi oleh lembaga pendidikan di Indonesia adalah
Kekurang pahaman guru dan penyelenggara pendidikan terhadap kurikulum yang
bisa berakibat fatal terhadap hasil belajar peserta didik atau juga prestasi peserta
didik. Hal ini terbukti ketika mereka dihadapkan pada ujian nasional, mereka
sering kebingungan dan ketakutan, apabila peserta didiknya tidak bisa
mengerjakan soal-soal ujian dan tidak lulus. Selain itu sesuai amanat undangundang
Nomor
20
Tahun
2003
tentang
sisdiknas
dan
peraturan
pemerintah
No.19
Tahun
2005 tentang SNP, setiap satuan pendidikan untuk melaksanakan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) jenjang pendidikan dasar dan
menengah yang disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar
Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) serta berpedoman kepada
panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh
satuan pendidikan yang mengacu pada SI dan SKL dengan berpedoman pada
panduan umum yang dikembangkan BSNP. Selain itu KTSP juga diharapkan
mampu meningkatkan prestasi belajar siswa baik dari segi kognitif, afektif dan
psikomotorik.
Berkaitan dengan ini perlu adanya suatu pembahasan mengenai KTSP
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya di SMAN I Kandangan
Kediri yang merupakan satuan pendidikan pertama yang menerapkan KTSP di
desa Kandangan. Dengan diadakannya penerapan KTSP di SMAN I Kandangan
Kediri mampu meningkatkan prestasi belajar siswa baik dari segi kognitif, afektif
dan psikomotorik. Oleh karena itu penulis mengangkat tema penelitian ini:
”Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN I Kandangan Kediri.
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa di SMAN I Kandangan Kediri yang meliputi: latar belakang
implementasi KTSP di SMAN I Kandangan Kediri yang terdiri dari alasan
penerapan KTSP, dasar hukum pelaksanaan KTSP dan pemberlakuan KTSP di
SMAN I Kandangan Kediri, peran pemimpin (Kepala Sekolah) dalam
implementasi KTSP, Implementasi KTSP oleh guru dalam pembelajaran, dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa SMAN I Kandangan Kediri setelah
mengikuti KTSP yang terdiri dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptif research), dan
dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi,
dan dokumentasi.. Sedangkan untuk menguji keabsahan data penulis
menggunakan triangulasi. Selain itu analisisnya menggunakan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini mengenai Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMAN I
Kandangan Kediri yang meliputi: latar belakang implementasi KTSP di SMAN I
Kandangan Kediri menurut hasil wawancara yaitu: sesuaikan dengan amanat dari
pemerintah berupa undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003
tentang sisdiknas dan peraturan pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang SNP yang
disesuaikan dengan karakteristik sekolah/daerah, sosial budaya daerah, potensi
sekolah dan peserta didik di SMAN I Kandangan Kediri. Peran pemimpin
(Kepala Sekolah) dalam implementasi KTSP adalah sebagai pemberi keputusan
terhadap pemberlakuan KTSP dan perumusan KTSP di SMAN I Kandangan
dengan menggunakan strategi sosialisasi dan mengadakan workshop.
Implementasi KTSP oleh guru dalam pembelajaran yaitu kurang maksimal dapat
dilihat dari penggunaan metode dalam pembelajaran yang kurang bervariatif,
praktik mengajar yang hanya menggunakan metode ceramah, dan tanyajawab, dan
pembuatan perangkat pembelajaran yang tidak sesuai dengan ketentuan, meliputi:
pembuatan perangkat pembelajaran yang hanya copy paste dengan penerbit,
kekurangfahaman guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran menurut KTSP.
Sedangkan prestasi siswa SMAN I Kandangan yaitu ada sedikit peningkatan dari
segi kognitif yang dapat diketahui pada hasil perbandingan antara KBK dan KTSP
yang menunjukkan adanya peningkatan 0,16, untuk psikomotor dapat diketahui
dari mulai beraninya siswa berbicara bahasa inggris dengan temannya, dll.,
sedangkan untuk afektif dapat diketahui dari mulai berubahnya sikap siswa seperti
halnya cara mereka menghormati guru, berkata dengan guru, teman, dll.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar