BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah Bagi setiap perusahaan informasi itu sangatlah penting
karena setiap perusahaan membutuhkan
informasi sebagai sumber daya vital bagi kelangsungan hidup perusahaan karena informasi berguna untuk mengarahkan dan
memperlancar kegiatan peruahaan dalam membentuk pihak manajeman untuk mengambil keputusan dalam
mendapatkan informasi yang akurat diperlukan kerjasama yang baik antara pihak
berkepentingan untuk mengetahui sejauh mana target yang telah dicapai oleh perusahaan tersebut.
Sisitem Akuntansi mengajarkan
teneng pengelolaan iformasi akuntansi,sejak data direkam dalam dokumen melalui berbagai sistem
pembagian kekuasaan dalam organisasi
perusahaan,data perusahaan diproses
dalam berbagai catatan akuntansi sampai dengan informasi disajikan dalam laporan
keuangan.Perencanaan sistem pengelolaan informasi untuk menghasilkan informasi
akuntansi dan perencanaan berbagai unsur pengendalian interen yang melekat dalam sistem pengelolaan informasi tersebut.
Suatu sistem sangat mendukung
informasi karena informasi digunakan sebagai tolak ukur digunakan oleh perusahaan dalam membuat perencanaan dan
keakuratan info yang diterima.Disamping itu,stuktur organisasi yang jelas dan
teratur juga dapat membantu untuk memperoleh informasi yang diperlukan sebab dalam struktur organisasi terdapat tugas dan tanggung jawab masing-masing yang
harus dilakukan.Tanggung jawab ini ada
secara lisan yaitu berupa informasi singkat atau laporan dan ada secara tulisan berupa data-data da bukti-bukti
transaksi yang berupa tulisan.Tanggung jawab secara tulisan ini biasanya berhubungan dengan
akuntansi atau perhitungan sehingga terjadinya suatu sistem informasi akuntansi
disuatu perusahaan adalah untuk memperoleh informasi yang valid dan dapat dipercaya oleh pihak intern maupun ekstern dapat dipertanggungjawabkan pada masa-masa mendatang.Suatu lembaga yang memiliki tujuan
meningkatkan efisiensi sehingga diperlukan Sistem Informasi Akuntansi yang memadai agar dapat
seminimal mungkin memperkecil penyalahgunaan prosedur yang telah ditetapkan tapi untuk
mendapatkan Sistem Informsi Akuntansi yang memadai kemungkinannya tidak langsung diperoleh dengan
menerapkan sistem Informasi Akuntansi yang telah dirancang unuk kepentingan informasi yang
sudah ada sehingga perlu dianalisis apakah perlu diadakan perbaikan guna menyempurnakan dan pegembangkan
sistem yang telah ada Untuk mengetahui sejauh mana pengembangan Sistem
Informasi Akuntansi yang diterapkan Fakultas
Ekonomi ,maka penulis mencoba membahas skipsi minor yang berjudul ”Peranan Sistem Informasi Akuntansi
pada Fakultas Ekonomi Sumatera Utara” B.
Perumusan Masalah Dalam menjalankan kegiatan pendidikan Fakultas Ekonomi
telah menerapkan Sistem Informasi Akuntansi.Dan
menurut judul diatas yang menjadi rumusan masalah adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana penerapan Sistem Informasi
Akuntansi yang dilakukan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara 2. Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh
Fakultas Ekonomi dalam menerapkan Sisitem Informasi Akuntansi dalam usaha-usaha
apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan
kendala-kendala tersebut.
C. Tujuan Penelitian 1. Untuk megetahui sejauh
mana penerapan Sistem Informasi Akuntansi pada fakultas Ekonomi 2. Untuk dapat melihat dan memahami secara langsung baaimana praktek pelaksanaan
Sistem Informasi Akuntansi pada Fakultas
Ekonomi 3. Untuk membandingkan teori
mengenai Sistem Informasi Akuntansi yang diperoleh penulis selama perkuliahan dan penerapannya disuatu
perusahaan.
4. Unuk melengkapi tugas dan
syarat guna menyelesaikan pendidikan diploma III Fakultas Ekonomi D.
Manfaat Penelitian 1. Bagi penulis, Sebagai bahan masukan mengenai
peranan sistem informasi akuntansi yang diterapkan dalam suatu perusahaan.
2. Bagi Fakultas Ekonomi, Sebagai
bahan masukan dan pertimbangan dalam mengambil langkah selanjutnya mengenai
peranan sistem informasi akuntansi.
3. Bagi peneliti sejenis, Sebagai
bahan masukan untuk menyempur nakan penelitian-penelitian sejenis berikutnya.
E. Rencana Penulisan 1. Jadwal Observasi Dalam penulisan laporan
tugas akhir ini penulis membuat jadwal penelitian dan penulisan yang dibuat dalam bentuk tabel.
No.
Kegiatan Minggu I II III IV
A. Persiapan 1.
Melaksanakan observasi penelitian.
√ 2.
Bimbingan untuk pelaksanaan Tugas Akhir √
B. Pelaksanaan 3. Bimbingan untuk pengolahan data √ 4.
Pengolahan data √ C.
Pelaporan 5.
Bimbingan untuk penulisan Bab I
√ 6.
Penulisan Bab I (Pendahuluan)
√ 7.
Bimbingan untuk penulisan Bab II
√ 8.
Penulisan Bab II (Profil Perusahaan)
√ 9.
Bimbingan untuk penulisan Bab III
√ 10. Penulisan Bab III ( Topik Pembahasan) √ 11. Bimbingan untuk penulisan Bab IV √
12. Penulisan Bab IV
(Penutup) √ 13. Bimbingan tahap terakhir (penyempurnaan Tugas Akhir) √ 14. Penyelesaian Tugas Akhir √ 2.
Rencana Isi Secara garis besar pembahasan tugas akhir ini dibagi ke
dalam empat bab. Masing-masing bab dibagi
dalam sub-sub bab sehingga penulisan bab ini lebih sistematis. Uraiannya adalah
sebagai berikut : Bab I : Pendahuluan Bab
ini berisikan latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian,
manfaat penelitian, dan rencana
penulisan.
Bab II : Profil Perusahaan Dalam
bab ini penulis akan membahas tentang sejarah singkat perusahaan, struktur
organisasi, job description, kinerja
usaha terkini, dan rencana kegiatan.
Bab III : Topik Penelitian Dalam
bab ini penulis mencoba untuk menguraikan hasil penelitian sesuai dengan tema
yang dipilih berdasarkan bidang studi
mahasiswa.
Bab IV : Penutup Dalam bab
terakhir ini, penulis akan menarik suatu kesimpulan terhadap hasil penelitian
dasn memberikan saran yang membangun
kepada Fakultas Ekonomi . Diharapkan nantinya dapat bermanfaat bagi
pihak-pihak lain.
0 komentar:
Posting Komentar