Endang Basaria Hutagalung
Faktor-F'aktor yang Menyebabkan Keterlambatan Penerapan Sistem Akuntansi
Keuangan Daerah Dalam Penyusunan Laporan Realisasi APBD pada Pemerintah
Kota Sibolga, Oleh : Endang B. Hutagalung. Demi terselenggaranya
perhitungan APBD tentunya membutuhkan SDM yang bertuaIitas untuk dapat
menyusun Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah sesuai dengan
ketentuan perundang-undangan yang berlaku saat ini. Penerapan Sistem
Akuntansi Keuangan Daearah membutuhkan pemahaman menyeluruh dari
pelaksanaan manajemen keuangan daerah dan adanya penyempumaan secara
kontinyu dari instansi yang berwewenang agar tercapainya akuntabiIitas
kinerja instansi pemerintah daerah sebagai bagian dari Good Government
dapat menjadi kenyataan. Permasalahan daIam penelitian ini adaIah:
Apakah faktor peralatan dan sumber daya manusia menyebabkan
keterlambatan penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah dalam menyusun
laporan perhitungan APBD di Pemko Sibolga? Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh bahwa, pelaksanaan sistem akuntansi di Pemko Sibolga
dikembangkan dengan komputerisasi. Pemerintah Kota Sibolga melengkapi
kantornya dengan seperangkat komputer (hardware) sebanyak 10 unit-dan
software yang mereka perlukan, yaitu aplikasi khusus yang dinamakan
program Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah. Dengan software tersebut,
unit-unit pengguna anggaran dapat mengakses akuntansi secara online.
Namun dari 10 unit computer yang ada, banya 8 (delapan) unit dengan
aplikasi Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah, namun masih 5 (lima) unit
yang dapat dioperasikan daIam penyusunan Iaporan realisasi APBD dengan
menggunakan aplikasi tersebut karena masih 5 (lima) orang pegawai bagian
keuangan Pemerintah Kota Sibolga yang telah mengikuti pelatihan manual
aplikasi Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah. Sesuai dengan hasil
penelitian, kepada Pemerintah Kota Sibolga disarankan untuk memberikan
pelatihan manual aplikasi Sistem Akuntansi Keuangan Daerah kepada
seIuruh pegawai bagian keuangan sehingga dapat mengoperasikan peraIatan
dengan aplikasi tersebut secara optimal. Juga disarankan agar pegawai
khusus bagian keuangan adaIah sumber daya manusia dengan basis iImu
ekonomi dan akuntansi dengan pendidikan minimal D-3 dan S-l. Kepada
pegawai yang telah mahir dan telah mengikuti pelatihan manual aplikasi
Sistem Akuntansi Keuangan Daerah hendaknya dapat memberikan pelatihan
secara intern kepada pegawai Iainnya sehingga Iebih memudahkan mereka
untuk dapat menyesuaikan diri dengan format pelaporan APBD yang baru
Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel
terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif,
contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh
skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan
Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian,
karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa
disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis,
tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi,
proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi,
judul tugas akhir jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama
islam, skripsi fakultas pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar