Abstrak
PAI
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan suatu proses belajar Al-Qur’an yang
disampaikan oleh pendidik kepada peserta didik, dengan tujuan agar peserta didik
dapat membaca Al-Qur’an dengan tartil sesuai kaidah-kaidah yang telah
ditentukan. Adapun model pembelajaran Al-Qur’an yang menggunakan metode
praktis adalah dengan menggunakan metode Qiro’ati. Metode ini merupakan
metode pembaharu dari metode membaca Al-Qur’an sebelumnya (Baghdadiyah).
Dengan diterapkannya metode Qiro’ati ini santri diajari membaca Al-Qur’an
secara langsung tanpa harus dieja serta Lancar, Cepat, Tepat dan Benar (LCTB).
Hal ini membuktikan bahwa dengan menerapkan metode Qiro’ati, santri tidak
hanya bisa menghafal dan mengingat apa yang telah dibaca. Akan tetapi, santri
lebih mudah memahami bagaimana membaca Al-Qur’an dengan tartil, baik dan
benar. Berangkat dari latar belakang itulah peneliti kemudian ingin membahasnya
dalam skripsi dan mengangkat judul “Pembelajaran Al-Qur’an Dengan
Metode Qiro’ati di Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nur Tanggulangin
Sidoarjo”.
Rumusan masalah yang peneliti ambil yaitu: 1) Bagaimana model
pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati di TPQ An-Nur Tanggulangin
Sidoarjo, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran AlQur’an
di TPQ An-Nur Tanggulangin Sidoarjo. Adapun tujuan dilakukannya
penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Al-Qur’an dengan
metode Qiro’ati di TPQ An-Nur Tanggulangin Sidoarjo serta untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ An-
Nur Tanggulangin Sidoarjo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa
data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Dalam
pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan
dokumentasi. Sedangkan analisis data dari penelitian ini terdiri dari tiga alur
kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam penelitian ini menggunakan
pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi
metode.
Setelah melakukan penelitian mengenai pembelajaran Al-Qur’an dengan
metode Qiro’ati di TPQ An-Nur Tanggulangin Sidoarjo, diperoleh suatu
kesimpulan bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati dilakukan melalui 3 tahapan, yaitu: (1) persiapan pelaksanaan
pembelajaran, (2) kegiatan belajar-mengajar, dan (3) penilaian (evaluasi). Adapun
yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ An-Nur
yaitu: (1) Perangkat keras (Hardware) berupa alat peraga, buku-buku pegangan
santri dan guru. (2) Perangkat lunak (Software) berupa dana yang cukup. (3)
Sumber Daya Manusia (Brainware) berupa guru, santri dan orang tua. Sedangkan
factor penghambatnya, yaitu: (1) Guru yang tidak profesional yakni guru yang
tidak menguasahi metodologi selama PPGQ. (2) Ketidakdisiplinan santri. (3)
Kebiasaan orang tua yang selalu menunggui anaknya selama proses pembelajaran
berlangsung sehingga sikap kemandirian anak kurang.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar