Abstrak
PAI
Pendidikan Formal adalah jalur pendidikan yang tersruktur dan
berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan
pendidikan tinggi. Dalam penelitian ini, peneliti mengadakan penelitian di
lembaga pendidikan, guna membuktikan apakah latar belakang pendidikan formal
orang tua yang tinggi berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI anaknya. Untuk
mencapai suatu tujuan diperlukan adanya sarana belajar yang memadai.
Pemenuhan belajar yang sangat penting bagi siswa untuk mengejar prestasi.
Lingkungan tempat tinggal dan adanya dorongan internal yang muncul dari dalam
diri anak sehingga timbul suatu kebiasaan pada diri anak, hal itu merupakan
pengaruh dasar dari orang tua apalagi pengaruh Religi pada diri anak yang sangat
mendarah daging. Begitupun pengaruh eksternal yang sangat berpengaruh
terhadap prestasi belajar PAI anak tersebut. Namun jika tidak mempunyai minat
yang tinggi dalam dirinya, akan mendapat hambatan dalam mencapai hasil
belajarnya, sehingga prestasi yang dicapai dibawah yang semestinya.
Penelitian yang peneliti lakukan pada tanggal 20 Juni 2008 sampai
tanggal 20 Juli 2008 dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan
metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan pengambilan
sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu cara pengambilan sample
berdasarkan tujuan tertentu, dengan berbagai pertimbangan yaitu siswa kelas II
yang berjumlah 332 siswa dan diambil 10% yaitu 34 siswa. Selanjutnya untuk
mengetahui hasil data peneliti menggunakan rumus Produck Moment:
P=
N
F
X 100%
Keterangan:
P: Prosentase
F: Jumlah frekuensi hubungan respon
N: Bilangan Constant
Hasil persentase yang peneliti dapat adalah Jumlah persentase
Tingkat pendidikan orang tua (X
) dari Pendidikan Dasar sebanyak 52,9%,
Pendidikan Menengah sebanyak 36,8%, Pendidikan Tinggi 10,2%.Jumlah
persentase (X
2
1
) tindakan orang tua jika anaknya tidak bisa mengerjakan tugasnya;
meminta bantuan pada orang lain 32,3%, dan memberikan jawaban 67,7%.Jumlah
persentase (X
) tindakan orang tua jika anaknya malas belajar; 17,6%(memarahi),
52,9% (mengadakan pendekatan), dan 29,4% (memaksa agar anak belajar).Jumlah
persentase (X
3
) usaha orang tua agar anaknya tetap semangat belajar;
membuatkan jadwal belajar untuk anaknya (32,3%), memberikan hadiah jika
4anaknya berprestasi (38,2%), dan memarahi jika anaknya tidak belajar
(26,4%).Jumlah persentase (Y) Prestasi belajar PAI siswa kelas II D; kategori
tinggi; nilai 9 sebanyak 5 anak (14,7%), kategori sedang; nilai 8 sebanyak 11 anak
(32,3%), dan kategori rendah; nilai 7 sebanyak 18 anak (52,9%). Adapun untuk
mengetahui adanya pengaruh peneliti menggunakan jasa komputer program SPSS
12.0 hasilnya menyatakan F hitung > F table atau nilai sig. F ≤ α atau dapat ditulis
40.839 > 21.507 atau sig. 0,000 ≤ 0,05. hal ini menunjukkan bahwa f hitung >0,05
sehingga H
0
ditolak dan H
diterima yang berarti bahwa variabel X mempunyai
pengaruh terhadap variabel Y.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar