Abstrak PAI
bangsa, untuk penanaman nilai-nilai pada generasi bangsa akan menjadi modal
dasar untuk menjalani kehidupan yang bahagia, sejahtera di dunia dan di akhirat.
Ilmu-ilmu agama khususnya yang berkaitan dengan Al-Qur’an harus
dikembangkan dan dikemas dengan baik agar bisa diterima dan lebih mudah
dipelajari oleh siswa.
Banyak model pembelajaran mampu menjadikan belajar dan pembelajaran
sebagai kegiatan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Diantaranya,
Cooperative Learning. Dalam Cooperative Learning semua anggota kelompok
ikut terlibat dalam pembelajaran dan tidak ada siswa yang mendominasi.
Adapun pokok permasalahan yang diteliti adalah (1) Ingin mengetahui
bagaimana implementasi Cooperative Learning dalam pembelajaran Al-Qur’an
Hadits dan ingin mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya di Madrasah
Aliyah Zainul Hasan I Genggong Pajarakan Probolinggo.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data
yang dijadikan rujukan adalah Guru bidang study Al – Qur`an Hadist dan wakil
siswa kelas X, XI & XII, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan,
antara lain : (1) Observasi; (2) Interview; dan (3) Dokumentasi.
Hasil dicapai dalam penelitian ini, adalah : (1) Implementasi Cooperative
Learning dalam pembelajaran Al – Qur`an Hadist di Madrasah Aliyah Zainul
Hasan I Genggong Pajarakan probolinggo hasilnya cukup signifikan. Siswa sangat
antusias dalam proses pembelajaran. Guru santai tapi serius dalam menjelaskan
materi, bagi anak yang kurang pandai ternyata penjelasan dari teman sudah
diterima. (2) Faktor penghambat dan pendukung yang peneliti temukan dalam
skripsi ini adalah; Sikap siswa bisa lebih terampil, dan menumbuhkan perilaku
sosial antar sesamanya. Para siswa dengan mudah melakukan penyesuian sosial
dengan teman sebayanya. Guru sebelum menerapkan Cooperative Learning sudah
dilatih khusus sehingga dalam penerapannya sesuai dengan prosedur Cooperative
Learning yang baik dan benar. Sedangkan faktor penghambat yang peneliti
peroleh adalah; Tidak semua para guru memahami prosedur Cooperative
Learning, sehingga ketika penerapan pembelajaran tersebut kurang mendapat
dukungan dari guru lain. Para siswa kurang terbiasa dengan penerapan
Cooperative Learning sehingga membutuhkan waktu yang banyak untuk melatih
siswa agar terbias a. Kelengkapan sarana dan prasarana kurang memadai seperti
alat- alat yang berkaitan dengan strategi Cooperative Learning
Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar