Abstrak
PAI
Anak merupakan amanah dari Allah SWT yang harus dijaga, dididik, diarahkan,
dibimbing, dilindungi, disayangi, dan dikasihi, supaya mereka kelak menjadi manusia yang
benar-benar takut kepada Allah SWT, taat kepada agama Allah (Islam), berbakti kepada kedua
orang tua. Disamping itu Islam juga memandang, anak merupakan aset yang sangat berharga
bagi orang tua untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat, karena anaklah yang akan mengangkat
dan menjatuhkan derajat, martabat, dan nama baik orang tua dihadapan Allah SWT dan dimata
manusia yang lain. Maka benar, ketika tokoh Islam kita yaitu Al-Imam Al-Ghazali mengatakan
bahwa anak bagaikan permata yang sangat indah. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, bahwa
“anak yang baru lahir diibaratkan sebuah kertas putih yang masih bersih, suci, berpotensi,
maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan dia Yahudi, Nasrani, atau Majusi” (H.R.’Abdul
Bar). Dengan Fitrah ataupun potensi yang dibawa sejak lahir, maka banyak tokoh Islam yang
mengatakan bahwa pada masa-masa inilah merupakan masa yang sangat tepat untuk membentuk
kepribadian (mentransfer nilai-nilai Islam) bagi seorang anak. Orang tua merupakan sumber
utama dan suri tauladan / contoh dalam pembentukan kepribadian seorang anak. Oleh sebab itu
pendidikan yang baik merupakan pondasi utama menuju kepribadian yang utama.
Konsep-konsep keislaman di atas mengkaji pokok-pokok persoalan yang menyangkut
diri kita semua. Apa yang diungkapkannya mempunyai nilai-nilai luhur yang berkenaan diri kita,
suatu persoalan yang sangat penting yaitu tentang hubungan orang tua dengan anak, hubungan
anak dengan masyarakat, hubungan anak dengan teman sebayanya, yang merupakan tujuan
dalam proses pendidikan. Menurut Mansur, permasalahan yang terjadi adalah banyaknya
pendidik (orang tua, guru) yang lalai akan tugasnya sebagai seorang pendidik sehingga banyak
manusia yang lalai kepada Allah SWT.
Dari latar belakang diatas, maka penulis mengangkat sebuah judul “Pendidikan Anak
Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits (Studi Kritis Konsep Pendidikan Anak Menurut Imam
Al-Ghazali)”. Dengan jenis penelitian Kualitatif adalah kepustakaan murni (Library Research)
artinya mencari konsep-konsep pendidikan anak dalam Islam yang ada dalam buku dan kitab).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam perspektif
Islam yang meliputi: pengertian pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, asas-asas pendidikan
Islam, aspek-aspek pendidikan Islam, serta konsep pendidikan anak menurut Imam Al-Ghazali.
Analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu, sebuah
metode analisis kritis terhadap data yang diperoleh, karena menurut Winarno Surahmat,
deskriptif adalah usaha untuk mengumpulkan data dan menyusunnya, kemudian dilakukan
analisis terhadap data tersebut. Dan juga menggunakan metode Komparasi, yaitu mengumpulkan
konsep-konsep pendidikan serta membandingkan dengan konsep-konsep yang lain dalam hal ini
adalah Al-Imam Al-Ghazali.
Contoh
Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads Versi
PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar