Abstrak
PAI
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan
penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Proses
Belajar Mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu,
diperlukan Manajemen Kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Manajemen Kelas merupakan upaya mengelola siswa di dalam kelas yang dilakukan
untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang menunjang program pengajaran,
agar siswa ikut terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah. Di
samping itu, Proses Belajar Mengajar dapat terwujud dengan baik apabila terdapat
interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun dengan
sumber belajar lainnya. Dalam Manajemen Kelas, guru sebagai pemeran utama yang
sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa
memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru
yang berkompeten, berkualitas dan memahami konsep Manajemen kelas diharapkan
mampu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien di dalam kelas,
khususnya pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI).
Berpijak dari latar belakang di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk
mengetahui Prosedur Manajemen Kelas, Unsur-unsur Manajemen Kelas dan Faktorfaktor
yang
mempengaruhi
Manajemen
Kelas
dalam
Mencapai
Proses
Belajar
Mengajar
PAI
yang
Efektif
di
SMK
Negeri
2
Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, yaitu pengumpulan data berupa Tulisan/ kata-kata bukan angka dengan
tujuan menggambarkan keadaan atau kegiatan yang terjadi di lapangan (field research)
dan dipilih secara sistematis menurut kategorinya dengan menggunakan bahasa yang
mudah dicerna atau dipahami oleh masyarakat umum. Peneliti menggunakan purposive
sample yang dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan berdasarkan strata,
random atau daerah, tetapi berdasarkan atas tujuan tertentu dengan memilih siswa Kelas
XI PrM 2 (Perawat Medis 2) sebagai sample. Dalam rangka memperoleh data yang
dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui Observasi, Angket
dan Dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: A. Prosedur Manajemen Kelas
dalam mencapai Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam yang Efektif di
SMK N 2 Malang: (1)Sesuai dengan RPP yang telah disusun. (2)Pengelolaan Kelas
yang lengkap mulai dari Absensi, Disiplin, Evaluasi kelas, Analisis nilai dan Pengayaan
nilai serta Menangani Kerawanan kelas. (3)Dengan melakukan tahap-tahap dalam
belajar, seperti: Memberi contoh atau kaitan yang menarik sehingga siswa dapat belajar
dengan tenang tanpa guru harus menenangkan terlebih dahulu. B. Unsur-unsur Proses
Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam untuk menunjang Manajemen Kelas di
SMK N 2 Malang: (1)Ada Tujuan yang jelas. (2)Ada Indikator yang jelas. (3)Ada
Materi. (4)Ada Methode dan Skenario belajar. (5)Ada Media. (6)Ada Evaluasi yang terukur. (7)Sarana Prasarana Belajar/ Buku-buku. (8)Kesiapan Pengajar dan Siswa.
(9)Menerapkan Methode terbaru. (10)Sangat ditentukan/ mengikuti kondisi siswa yang
sedang di ajar, oleh karena itu guru dituntut untuk mengetahui bagaimana penggunaan
manajemen kelas dengan kondisi tertentu untuk mencapai pembelajaran yang kondusif.
C. Faktor-faktor yang mempengaruhi Manajemen Kelas dalam mencapai Proses Belajar
Mengajar Pendidikan Agama Islam yang Efektif di SMK N 2 Malang: (1)Kemampuan
Siswa. (2)Tujuan Pembelajaran. (3)Kelengkapan Sarana dan Prasarana. (4)Media
Pembelajaran. (5)Rasio Siswa. (6)Inisiatif Guru. (7)Pengalaman Guru. (8)Permasalahan
yang dihadapi. (9)Segala yang berkenaan secara langsung dalam Proses Belajar
Mengajar baik itu Fasilitas maupun dari kondisi siswa itu sendiri, namun kesemuanya
itu amat tergantung bagaimana guru mengaturnya.
Dari hasil penelitian ini, Saran yang diharapkan Penulis adalah: (1)Bagi
penentu kebijakan dalam hal ini pemerintah agar dalam melakukan perubahan kebijakan
tidak didasarkan pada perubahan struktural birokrasi pemerintahan, akan tetapi
hendaknya perubahan tersebut lebih didasarkan pada kebutuhan sebagai hasil dari
analisis terhadap perkembangan sosial dan ilmu pengetahuan serta didasarkan pada
kajian-kajian yang mendalam. (2)Guru sebagai pendidik dan semua pihak lembaga
pendidikan di Sekolah haruslah menyadari seberapa besar peran dan tanggung jawab
dalam mengemban amanah dan memerankannya sesuai dengan posisinya serta selalu
mengikuti perkembangan dunia pendidikan baik secara teorititis maupun secara praktis
terutama dalam hal Manajemen Kelas. (3)Dalam upaya mengatasi permasalahanpermasalahan
hendaknyaselalumengadakansilaturrahmi dan komunikasi yang baik diantara semua pihak Sekolah guna memecahkan segala sesuatu yang menghambat.
(4)Semoga saran ini dapat menjadi wacana evaluasi, introspeksi, dan aplikasi dalam
mencapai tujuan yang diharapkan.
Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva
TetapDownloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini Artikel terkait skripsi
diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian
kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download
skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh
makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang,
beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis
kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis
contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal
pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir
jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas
pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar