Sabtu, 14 Februari 2015

Contoh Skripsi Pendidikan Agama Islam: Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Ghazali (Analisis Teori Tahap-tahap Perkembangan Jean Piaget)

Abstrak PAI


 Pendidikan anak merupakan sesuatu yang urgen untuk diperhatikan. Hal
ini disebabkan anak  terlahir dengan berbagai potensi yang dimilikinya yang perlu
untuk ditumbuh-kembangkan. Selain itu anak merupakan bagian terpenting dari
seluruh proses pertumbuhan manusia. Berkualitas atau tidaknya ia dimasa dewasa
sangat dipengaruhi oleh proses pengasuhan dan pendidikan yang diterima di masa
kanak-kanaknya. Oleh karena itu pendidikan anak berarti perencanaan peradaban
dan kemajuan bangsa. Sehingga tanpa pendidikan anak sesungguhnya tidak akan
pernah ada peradaban dan kemajuan bangsa.
 Mengingat betapa urgennya pendidikan anak, maka muncullah konsep
pendidikan anak berupa kumpulan pemikiran atau ide tentang hal-hal yang
berkaitan dengan pendidikan anak. Konsep Pendidikan anak dari para tokoh
cendekiawan muslim selama ini dinilai tidak lagi relevan dengan perkembangan
zaman karena dianggap hanya berorientasi pada aspek spiritual dan tidak
memperhatikan tahap-tahap perkembangannya. Apalagi sosok Al-Ghazali yang
dinilai orientasi pendidikannya hanya fokus pada spiritual dan moral. Orang Islam
lebih suka mengadopsi konsep pendidikan anak dari tokoh-tokoh  Barat karena
mereka menilai teori perkembangan anak muncul dari mereka seperti salah
satunya Jean Piaget dengan teori perkembangan kognitif dan moralnya. Padahal
jauh sebelum Jean Piaget memunculkan pemikirannya tentang pendidikan anak,
Al-Ghazali telah lebih dulu banyak merumuskan tentang pendidikan anak. Ia tidak
hanya terkenal di kalangan orang Islam tapi juga di dunia barat. Oleh karena itu,
peneliti tertarik untuk mengambil judul Konsep Pendidikan Anak Dalam
Perspektif Al-Ghazali (Analisis Teori Tahap-tahap Perkembangan Jean Piaget).
Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan anak dalam 
perspektif Al-Ghazali? Bagaimana konsep pendidikan anak dalam perspektif AlGhazali

jika dianalisis dengan teori tahap-tahap perkembangan Jean Piaget?
Bagaimana implikasinya terhadap Pendidikan Agama Islam?
 Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library
research, dengan sumber data primer Ihya' 'Ulum Ad-Din, Ayyuha Al-Walad dan
Mukhtashar Ihya' 'Ulum Ad-Din yang semuanya karya Al-Ghazali. Sedangkan
sumber data sekundernya adalah Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali, karya
Zainuddin dkk, Filsafat Pendidikan Islam karya Hamdani hasan dan Fuad Ihsan, 
Aliran-aliran Dalam Pendidikan Islam karya Fathiyah Hasan Sulaiman. Adapun
teori tahap-tahap perkembangan Jean Piaget yang peneliti jadikan sebagai pisau
analisis menggunakan sumber data primer The Psychology of Intelligence karya
Jean Piaget dan sumber data sekunder  Psikologi Pendidikan karya Muhibbin Syah, Dasar dan Teori Perkembangan Anak karya Singgih D. Gunarsa, Life Span
Development karya John W. Santrock.
 Dari penelitian tersebut terungkap bahwa Al-Ghazali memiliki konsep
pendidikan anak yang holistik yaitu mencakup aspek spiritual, moral, sosial,
kognitif dan fisik. Tujuan pendidikannya pun tidak terbatas pada taqorrub ila
Allah tapi juga pengembangan potensi jasmani dan rohani. Hal itu karena AlGhazali

memandang anak sebagai pribadi yang dilahirkan dengan potensipotensinya
dan
mempunyai
kecenderungan
fitrah
ke
arah
baik
dan
buruk
sehingga

sangat

memerlukan pendidikan. Adapun materi pendidikan anak yang ditetapkan
Al-Ghazali adalah berdasarkan aspek-aspek pendidikan yang dirumuskannya.
Sedangkan metode pendidikan yang ditetapkannya adalah bervariasi dan tentunya
hal itu disesuaikan dengan periodisasi anak yang dirumuskannya.
 Konsep pendidikan anak perspektif Al-Ghazali memiliki kesesuaian
dengan tahap-tahap perkembangan Jean Piaget terlebih pada materi dan
metodenya. Materi pendidikan menurut Al-Ghazali bertahap dari yang berupa
materi ilmu praktis hingga materi yang berisi argumentasi karena menurut Piaget 
kemampuan kognitif anak berkembang dari yang paling sederhana hingga yang
paling rumit. Begitu pula metode pendidikan berawal dari yang hanya bersifat
peniruan hingga metode berfikir karena perkembangan kognitif anak berkembang
dari yang hanya mampu meniru hingga yang mampu berpikir abstrak. Dengan
demikian maka periodisasi perkembangan anak Al-Ghazali memiliki kesesuaian
dengan tahap-tahap perkembangan Jean Piaget. Adapun implikasinya terhadap
Pendidikan Agama Islam adalah hendaknya pendidikan selalu disesuaikan dengan
tahap-tahap perkembangan peserta didik seperti perkembangan kognitif dan
moralnya. Karena pendidikan merupakan proses sinergis antara pendidik, peserta
didik, metode dan materi. 
 Hasil penelitian ini diharapkan mampu menggugah kesadaran umat
Islam akan kesesuaian pemikiran tokoh pendidikan Islam dengan tahap-tahap
perkembangan yang dimunculkan oleh tokoh Barat sehingga mereka tidak enggan
menggunakan pemikiran para tokoh pendidikan Islam. Serta mengilhami
munculnya penelitian yang lebih mendalam dan integral tentang pendidikan anak. 

Contoh Skripsi Akuntansi:Pengawasan Internal Atas Aktiva TetapDownloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini  Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi, contoh skripsi pendidikan agama islam, skripsi fakultas pendidikan.


Share

& Comment

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2015 Jual Skripsi Eceran™ is a registered trademark.

Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.