BAB I PENDAHULUAN 1.1. LATAR BELAKANG Motor arus bolak-balik (motor AC) adalah suatu mesin yang berfungsi untuk mengubah energi listrik arus bolak-balik menjadi energi gerak atau energi mekanik berupa putaran rotor. Salah satu jenis motor arus bolak-balik adalah motor sinkron/serempak tiga phasa. Dikatakan motor sinkron tiga phasa karena motor ini beroperasi pada sumber tegangan tiga phasa. Dan dikatakan motor sinkron karena putaran stator ( putar) dan putaran rotor serempak/sinkron. Motor sinkron pada pengoperasiannya tidak dapat melakukan start awal (self starting), oleh karena itu motor sinkron tiga phasa membutuhkan penggerak mula (prime mover) untuk memutar pada stator sampai pada kecepatan putar putar stator. Pada motor sinkron, perubahan beban tidak mempengaruhi kecepatan putar motor karena ketika motor masih bekerja maka rotor akan selalu terikat atau terkopel secara magnetis dengan putar dan dipaksa untuk berputar dengan kecepatan sinkronnya. Karena demikian, motor sinkron biasanya digunakan pada sistem operasi yang membutuhkan kecepatan konstan dengan beban yang berubah-ubah. Contohnya Rolling Mills, Mesin Penghancur (Crusher), Pulp Grinders, Reciprocating Pump dan lain-lain. Ery Brendy Ginting : Analisis Karakteristik Torsi-Putaran Pada Motor Sinkron Tiga Phasa, 2007. Maka analisis karakteristik Torsi-Putaran pada motor sinkron tiga phasa perlu dilakukan untuk menunjukkan bahwa motor sinkron tiga phasa adalah pilihan yang tepat untuk sistem operasi yang membutuhkan kecepatan yang konstan dengan beban yang berubah-ubah. 1.2. TUJUAN PENULISAN Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa karakteristik berbeban dari motor sinkron tiga phasa berupa karakteristik torsi-putaran. 1.3. MANFAAT PENULISAN Manfaat penulisan tugas akhir ini adalah : 1. Menambah pengetahuan dan wawasan bagi penulis tentang motor sinkron tiga phasa dan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi dalam memilih sebuah motor yang sesuai dengan karakteristik beban yang ada. 2. Memberikan informasi secara umum kepada pembaca tentang motor sinkron tiga phasa. 3. 1.4. BATASAN MASALAH Untuk menjaga agar pembahasan materi dalam tugas akhir ini lebih terarah dan maksimal, maka penulis membuat suatu batasan masalah sebagai berikut : 1. Karakteristik motor sinkron tiga phasa yang akan dibahas adalah karakteristik torsi-putaran 2. Analisa perhitungan berdasarkan peralatan yang tersedia pada Laboratorium Konversi Energi Listrik FT- Ery Brendy Ginting : Analisis Karakteristik Torsi-Putaran Pada Motor Sinkron Tiga Phasa, 2007. 3. Beban yang digunakan pada percobaan pembebanan motor sinkron tiga phasa ini adalah generator sinkron yang dibebani dengan beban yang berubah-ubah 4. Tidak membahas mengenai pengaturan kecepatan motor sinkron 5. Tidak membahas rugi-rugi motor sinkron tiga phasa 1.5. METODE PENELITIAN Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah : 1. Studi Literatur Berupa studi kepustakaan dan kajian dari berbagai sumber pustaka yang relevan mendukung dalam penulisan tugas akhir ini 2. Studi Laboratorium Melakukan percobaan di laboratorium untuk mendapatkan data-data yang diperlukan 3. Studi Bimbingan Dalam hal ini penulis melakukan diskusi tentang topik tugas akhir ini dengan dosen pembimbing yang telah ditunjuk oleh pihak Departemen Teknik Elektro , dengan dosen-dosen bidang Konversi Energi Listrik, asisten Laboratorium Konversi Energi Listrik dan teman-teman sesama mahasiswa. 1.6. SISTEMATIKA PENULISAN Untuk memudahkan pemahaman terhadap Tugas Akhir ini, maka penulis menyn sistematika penulisan sebagai berikut : Ery Brendy Ginting : Analisis Karakteristik Torsi-Putaran Pada Motor Sinkron Tiga Phasa, 2007. BAB I PENDAHULUAN Bab ini menguraikan latar belakang penulisan , tujuan penulisan, pembatasan masalah, metodologi penelitian dan sistematika penulisan. BAB II MOTOR SINKRON TIGA PHASA Bab ini menjelaskan teori umum mengenai motor sinkron, konstruksi motor sinkron tiga phasa, rangkaian ekivalen, prinsip kerja, metode menjalankan motor sinkron, pengaruh kenaikan beban dengan eksitasi konstan dan pengaruh perubahan eksitasi pada faktor daya. BAB III KARAKTERISTIK TORSI-PUTARAN PADA MOTOR SINKRON TIGA PHASA Bab ini membahas tentang kurva karakteristik motor sinkron tiga phasa dan pengaruh kenaikan beban pada motor sinkron tiga phasa. BAB IV ANALISIS KARAKTERISTIK TORSI-PUTARAN PADA MOTOR SINKRON TIGA PHASA Bab ini berisikan tentang jenis komponen dan spesipikasi peralatan percobaan, rangkaian percoban, prosedur percobaaan, data percobaan, analisis dan grafik hasil percobaan. Ery Brendy Ginting : Analisis Karakteristik Torsi-Putaran Pada Motor Sinkron Tiga Phasa, 2007. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN Dalam bab ini dituliskan tentang hal-hal yang dianggap penting didalam penulisan yang dirangkumkan sebagai kesimpulan. Ery Brendy Ginting : Analisis Karakteristik Torsi-Putaran Pada Motor Sinkron Tiga Phasa, 2007. BAB II MOTOR SINKRON TIGA PHASA II.1. Umum Motor sinkron tiga phasa adalah motor listrik arus bolak-balik (AC) yang putaran rotornya serempak/sinkron dengan putaran statornya. Sesuai dengan namanya, motor sinkron tiga phasa beroperasi pada tegangan suplay tiga phasa yang dihubungkan pada kumparan jangkaran di stator. Selain mendapat suplai tegangan tiga phasa untuk beroperasi, motor sinkron juga mendapat arus eksitasi pada kumparan nya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar